ilustrasi mata uang asing

Mengenal Apa Itu Remittance: Pengertian dan Cara Kerjanya

Remittance merupakan salah satu istilah yang populer dalam transfer uang. Nah, apa itu remittance? Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian remittance dan cara kerja remittance.

 

Pengertian Remittance

Remittance adalah layanan transfer dari bank atau jasa keuangan untuk mengirim uang dalam bentuk valuta asing atau valas ke luar negeri. Secara sederhana, remittace artinya layanan pengiriman uang ke luar negeri. 

Layanan remittance memudahkan masyarakat untuk mengirim dan menerima uang dari luar negeri.

Terdapat dua jenis remittance yakni outgoing remittance dan ingoing remittance.
Outgoing remittance adalah transfer uang dari dalam ke luar negeri. Outgoing remittance juga disebut juga dengan outward remittance. Sementara itu, ingoing remittance adalah transfer uang dari luar negeri ke negara penerima.

 

Cara kerja remittance

Cara kerja remittance berbeda dengan cara kerja pengiriman uang antar bank dalam negeri. Berikut cara kerja remittance.

Untuk mengirim ke luar negeri, kamu dapat datang langsung ke bank untuk mengirim uang ke luar negeri. Kamu dapat pergi ke bank manapun baik berstatus nasabah maupun tidak.

Bank akan memberikan formulir untuk diisi. Kemudian, bank akan memproses pengiriman uang ke luar negeri. Uang yang dikirim akan dikonversi ke mata uang asing yang berlaku di negara penerima sesuai rate pada saat pengiriman. Penerima akan menerima uang dalam mata uang yang berlaku di negara tersebut.

Selain datang langsung ke bank, kamu dapat melakukan remitaance melalui sejumlah platform, termasuk Kyrim. Saat ini, Kyrim sedang mengembangkan fitur transfer internasional untuk memudahkan bisnis dan perusahaan.

 

Kyrim adalah platform pengiriman uang yang dirancang untuk bisnis. Kyrim memudahkan proses pengiriman uang ke banyak penerima sekaligus. Jadwalkan demo dengan Kyrim di sini.

Itulah pengertian remittance dan cara kerja remittance yang perlu diketahui. 

Simak juga informasi lainnya di Blog Kyrim.