ilustrasi kirim uang

Ini Daftar Biaya Transfer Antar Bank Terbaru, Berikut Rinciannya

Transfer uang antar rekening bank membutuhkan biaya administrasi. Nah, berapa biaya transfer antar bank? Simak artikel ini untuk mengetahui daftar biaya transfer antar bank terbaru.

Ketentuan biaya transfer antar bank ini diatur oleh Bank Indonesia. Aturan ini menyebutkan setiap bank dapat menetapkan biaya transfer sesuai dengan regulasi masing-masing asalkan tetap berada pada kisaran biaya yang sudah ditetapkan.

Bank Indonesia membedakan biaya transfer antar bank berdasarkan layanan yang dipilih. Berikut daftar biaya transfer antar bank terbaru.

 

1. Real Time Gross Settlement (RTGS) – Rp25 ribu s.d Rp50 ribu

Ketentuan mengenai RTGS diatur dalam Surat Edaran BI No. 16/18/DPSP. RTGS merupakan layanan pengiriman dana minimum Rp100 juta. Biaya transfer antar bank untuk layanan ini berkisar Rp25 ribu hingga Rp50 ribu.

 

2. Real Time Online (RTO) – Rp6.500 s.d Rp7.500

Sistem RTO merupakan layanan yang umum digunakan masyarakat. RTO merupakan layanan transfer dengan batas maksimal pengiriman dana sebesar Rp50 juta. 

Biaya transfer antar bank RTO adalah Rp6.500 hingga Rp7.500.

 

3. Layanan BI-Fast – Rp2.500

Bank Indonesia juga mengembangkan layanan transfer BI-Fast yang memungkikan transfer dana secara real-time selama 24 jam.

Biaya transfer antar bank untuk BI-Fast adalah Rp2.500 per transaksi.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kamu dapat menggunakan platform Kyrim. Kyrim memungkinkan transfer uang ke banyak rekening sekaligus dengan biaya yang murah.

Kyrim dirancang untuk bisnis atau perusahaan yang melakukan banyak pembayaran setiap bulannya. Biaya transfer antar bank di Kyrim berkisar Rp1.500 hingga Rp2.000.

Tertarik menggunakan Kyrim? Jadwalkan demo di sini.

Itulah rincian daftar biaya transfer antar bank terbaru di Indonesia. Simak juga tips dan informasi lainnya di Blog Kyrim.