Ilustrasi kirim uang

Berapa Lama Proses Transfer Uang Antar Bank? Berikut Rinciannya

Transfer uang antar bank membutuhkan waktu tertentu. Simak artikel ini untuk mengetahui rincian berapa lama proses transfer uang antar bank.

Lama waktu proses transfer uang antar bank dibedakan berdasarkan jenis layanan transfer uang yang digunakan. 

Di Indonesia, terdapat beberapa layanan transfer yang disediakan oleh Bank Indonesia. Mekanisme itu yakni Real Time Gross Settlement (RTGS), Sistem Kliring Nasional (SKNI), dan Real TIme Online (RTO). Setiap layanan memiliki keunggulannya masing-masing.

Berikut lama proses transfer uang antar bank:

1. Real Time Gross Settlement (RTGS)

Transfer uang dengan layanan RTGS membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Jika transfer dilakukan di atas pukul 15.00, uang akan masuk keesokan harinya. Selain itu, jika trasnfer dilakukan di akhir bulan yakni tanggal 30 atau 31, akan terjadi keterlambatan selama 1 hari kerja karena proses tutup buku.

Layanan ini cocok untuk transfer dalam nominal besar yakni minimal Rp100 juta per transaksi.

2. Sistem Kliring Nasional Indonesia (SKNI)

Transfer uang dengan sistem kliring membutuhkan waktu 2-3 hari kerja agar dana sampai ke rekening tujuan. Transfer SKNI cocok digunakan untuk transfer dengan nilai besar, tapi tidak melebihi Rp500 juta per transaksi.

3. Real Time Online (RTO)

Layanan transfer RTO memungkinkan uang masuk secara cepat atau langsung saat itu juga (real time). RTO cocok untuk kirim uang dengan nominal kecil atau kurang dari Rp50 ribu. 

Itulah lama proses transfer uang antar bank. Untuk transfer ke banyak rekening sekaligus, kamu bisa menggunakan platform Kyrim. 

Kyrim dirancang untuk pengusaha dan bisnis yang mengirim dana dalam jumlah banyak setiap bulannya. Kyrim menawarkan efisiensi pengiriman dana, proses yang sederhana, dan harga yang lebih murah.

Jadwalkan demo dengan Kyrim di sini.

Simak juga tips dan informasi lainnya di Blog Kyrim.