Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di Kyrim.

Terima kasih telah menggunakan dan mengakses Layanan Kyrim melalui Platform/Website Kyrim.

Syarat & Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian Platform/Website Kyrim yang ditawarkan oleh PT Kiriman Dana Pandai terkait penggunaan Platform/Website Kyrim. Pengguna (“Anda”) disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna (“Anda”) berdasarkan hukum. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna (“Anda”) dengan PT Kiriman Dana Pandai. Ketidakberlakuan syarat dan ketentuan lainnya tidak akan menyebabkan Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/atau tidak dapat dilaksanakan.

 

Dengan menggunakan dan mengakses layanan Kyrim, Anda setuju dan mengikatkan diri untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kyrim. Apabila Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Anda tidak diperkenankan mengakses, mendaftar dan/atau menggunakan Layanan/Platform/Website Kyrim. 

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda dianggap cakap menurut hukum Indonesia dan hukum pada yurisdiksi yang berlaku. Jika Anda bertindak sebagai karyawan, agen, atau penerima kuasa dan bertindak untuk dan atas nama individu lain, organisasi, badan usaha, badan hukum, maupun instansi lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda merupakan pihak yang berwenang untuk mewakili pihak tersebut, yang mana Syarat dan Ketentuan ini akan mengikat pihak yang Anda wakili tersebut. Jika Anda tidak cakap (termasuk namun tidak terbatas pada orang yang belum dewasa, mereka yang berada di bawah pengampuan, atau perwakilan yang tidak sah), maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan Kyrim yang tersedia pada Platform/Website tanpa pendampingan dan persetujuan wali Anda, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala hal yang Anda lakukan dalam Platform.

Dengan menggunakan dan mengakses layanan Kyrim, Anda setuju dan menyatakan bahwa;

(i) Perusahaan Anda memiliki dan mengimplementasi Kebijakan dan/atau Prosedur Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT),

(ii) Perusahaan Anda tunduk pada peraturan layanan keuangan/uang termasuk peraturan memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme,

(iii) Perusahaan Anda memiliki dan menerapkan risk-based assessment pada pengguna jasa dan transaksinya,

(iv) Perusahaan Anda menyimpan catatan lengkap dari semua transaksi termasuk identifikasi dan dokumen pendukung lainnya,

(v) Perusahaan Anda tidak pernah mendapatkan tindakan atau investigasi karena melanggar undang-undang atau peraturan tentang APU PPT selama periode lima tahun terakhir,

(vi) Perusahaan Anda tidak pernah mendapatkan pemberitaan negatif terhadap perusahaan Kyrim selama periode lima tahun terakhir,

(vii) Perusahaan Anda tidak pernah dijatuhi hukuman berkekuatan hukum tetap berkaitan dengan bisnis Kyrim selama periode lima tahun terakhir.

1. Definisi

1.1 Akun berarti setiap akun yang Anda buat pada Platform, untuk mengakses dan/atau menggunakan Layanan Kyrim serta untuk mencatat, memonitor dan/atau melihat seluruh transaksi dan/atau aktivitas yang Anda lakukan melalui atau menggunakan Platform.
1.2 Website/Platform berarti piranti lunak dan/atau situs portal yang bisa diakses di https://www.kyrim.co.id yang Kami kembangkan untuk (i) menyediakan Layanan kepada Pengguna; (ii) Pengguna menemukan layanan yang disediakan oleh pihak ketiga; dan/atau fungsi lainnya yang diperlukan untuk mendukung ekosistem Layanan.
1.3 Anda atau Pengguna berarti badan usaha dan badan hukum yang terdaftar pada Platform dan bertindak sebagai pengguna dan pengirim Dana dengan memberikan Perintah Transfer Dana kepada Kyrim melalui Platform.
1.4 Kami berarti PT Kiriman Dana Pandai yang mengoperasikan Kyrim.
1.5 KYB berarti penerapan Know Your Business yang merupakan sebuah regulasi yang mengharuskan sebuah perusahaan untuk meninjau aktivitas institusi yang bekerja sama dengan mereka.
1.6 Biaya Platform Kyrim berarti biaya yang dibebankan kepada Pengguna atas penggunaan Platform Kyrim.
1.7 Fitur berarti termasuk suatu fungsi atau kemampuan khusus yang diciptakan, dikembangkan dan/atau dikelola oleh Kyrim, serta dapat digunakan, dinikmati dan/atau dimanfaatkan oleh Pengguna melalui Platform Kyrim.
1.8 Hari Kerja berarti hari pada kalender masehi, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur, dimana bank di Indonesia beroperasi secara komersial.
1.9 Hukum Yang Berlaku berarti setiap hukum nasional, provinsi setempat, kota madya atau hukum lainnya, peraturan instansi, putusan, konstitusi, keputusan, aturan, kebijakan pemerintah yang mengikat, dan statuta dalam negara Republik Indonesia.
1.10 Dana berarti uang milik Pengguna yang dikirimkan oleh Pengguna kepada Kami, agar sejumlah uang tersebut diteruskan dan diserahkan kepada Penerima dalam kurun waktu 24 jam hari kerja setelah Perintah Transfer Dana dijalankan.
1.11 Layanan Kyrim berarti termasuk Layanan Transfer Dana oleh Kyrim yang dapat diakses melalui Platform, atau layanan lain yang mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.
1.12 Layanan Transfer Dana berarti layanan pemindahan dana dari Pengguna kepada Penerima yang diselenggarakan oleh Kyrim.
1.13 Penerima berarti perorangan, badan usaha atau badan hukum yang disebutkan dalam Perintah Transfer Dana untuk menerima Dana.
1.14 Perintah berarti Perintah Transfer Dana dan/atau instruksi final lain yang diberikan oleh Pengguna kepada Kyrim untuk melakukan transaksi sesuai dengan layanan yang diberikan oleh Kyrim dalam Platform Kyrim, dimana layanan mungkin disediakan, ditawarkan, diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.
1.15 Perintah Transfer Dana berarti instruksi final yang diberikan oleh Pengguna kepada Kyrim untuk memindahkan sejumlah Dana dari Pengguna ke rekening di suatu institusi perbankan atau non-perbankan milik Penerima yang tertera dalam Perintah Transfer Dana.
1.16 Transaksi Transfer Dana berarti proses pelaksanaan Layanan Transfer Dana oleh Kyrim sesuai dengan Perintah Transfer Dana dari Pengguna kepada Kyrim.
1.17 Transaksi berarti Transaksi Transfer Dana dan/atau transaksi lain sesuai dengan layanan yang diberikan oleh Kyrim dalam Platform Kyrim, layanan yang mana mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.

2. Pembuatan Akun

Dalam rangka untuk mengakses dan menggunakan Layanan Kyrim, Anda harus mendaftar dan membuat akun Anda. Dengan membuat Akun, Anda menyatakan bahwa Anda memiliki usia hukum untuk membentuk kontrak yang mengikat, bukan orang yang dilarang untuk menerima Layanan berdasarkan hukum Republik Indonesia atau yurisdiksi lain yang berlaku, dan tidak pernah sebelumnya ditangguhkan atau dihapus sebagai pengguna dari Layanan. 

Ketika membuat Akun, Anda diwajibkan untuk memberikan nama bisnis/perusahaan Anda, nama lengkap, nomor ponsel, dan alamat email bisnis/kantor dan dokumen lain sebagaimana yang dibutuhkan seperti dalam perjanjian kerjasama. Kami berhak untuk menghapus atau menolak pengguna jika menurut kami tidak sesuai, misalnya, jika Akun menunjukkan bahwa Anda adalah orang lain, bukan diri Anda sendiri atau tidak mewakili bisnis/perusahaan yang didaftarkan sebagai Akun. Anda setuju untuk menyediakan dan memperbarui informasi yang akurat, terkini dan lengkap tentang Akun Anda.

Ketika membuat Akun, Anda tidak diperbolehkan:
2.1 Memberikan informasi palsu kepada kami atau membuat Akun untuk orang lain atau perusahaan lain atau badan usaha lain atau instansi lainnya selain diri sendiri tanpa izin dari orang atau perusahaan atau badan usaha atau instansi lainnya tersebut;
2.2 Menggunakan nama bisnis atau alamat email pengguna atau nomor ponsel pengguna yang merupakan milik orang lain atau perusahaan lain atau badan usaha  lain atau instansi lainnya dengan maksud untuk meniru;
2.3 Menggunakan nama bisnis atau alamat email atau nomor ponsel yang tunduk pada hak orang lain tanpa otorisasi yang tepat; atau
2.4 Menggunakan atau menghubungkan instrumen keuangan milik atau atas nama pihak lain selain Perusahaan Anda sendiri ke dalam aplikasi Kyrim. Kami berhak untuk menangguhkan atau menghentikan Akun Anda jika ada informasi yang diberikan selama proses registrasi atau sesudahnya terbukti tidak akurat, palsu atau menyesatkan, atau Kami dapat menghapus Akun yang Anda buat melalui Layanan apabila ditemukan terdapat pelanggaran terhadap Syarat penggunaan Layanan. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan password dan Akun Anda, dan setuju untuk memberitahu kami jika password Anda hilang, dicuri, atau diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak sah, atau mungkin telah jatuh ke tangan yang tidak berhak. Anda bertanggung jawab untuk kegiatan yang terjadi dalam Akun Anda. Jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa Akun Anda tidak lagi aman, maka Anda harus segera memberitahukan kami di support@kyrim.co.id.

3. Ketentuan Akun dan Verifikasi

3.1 Untuk dapat mengakses dan menggunakan Platform, Anda harus mendaftarkan diri dengan menghubungi pihak Kyrim di support@kyrim.co.id atau mengisi form pada website www.kyrim.co.id agar Kami dapat membuatkan Akun untuk Anda. Dalam proses pendaftaran diri sebagai pengguna, Anda wajib memberikan data pribadi dan data perusahaan secara lengkap dan jujur, termasuk namun tidak terbatas pada nama bisnis, nama lengkap, nomor telepon seluler, alamat e-mail bisnis/kantor, dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Kami tidak bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai data pribadi yang Anda cantumkan pada Akun yang menyebabkan kerugian pada Anda maupun pihak ketiga.
3.1.1 Data dokumen perusahaan yang dibutuhkan untuk pendaftaran akun Anda adalah (i) Kartu Tanda Penduduk dan Nomor Pokok Wajib Pajak direktur badan usaha/badan hukum Anda, (ii) Nomor Pokok Wajib Pajak badan usaha/badan hukum Anda, (iii) Nomor Induk Berusaha atau Tanda Daftar Perusahaan atau Surat Izin Usaha Perdagangan badan usaha/badan hukum Anda, (iv) akta pendirian perseroan, (v) SK Kemenkumham, (vi) struktur pemegang saham badan usaha/badan hukum Anda, dan apabila yang mendaftarkan bukan direktur badan usaha tersebut, maka wajib disertakan (vii) KTP pendaftar, (viii) surat kuasa dan (ix) dokumen lainnya jika dibutuhkan. 
3.2 Apabila Anda tidak bersedia untuk memberikan informasi tambahan, Kami berhak untuk menolak pendaftaran Akun apabila Anda tidak melengkapi persyaratan data yang diwajibkan.
3.3 Dalam hal Akun Anda telah terdaftar pada Platform, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data Perusahaan yang sama dengan Akun Anda yang telah terdaftar, kecuali jika Kami memberi izin bagi Anda untuk melakukan hal tersebut.
3.4 Dalam hal terdapat perubahan atas setiap informasi dan data pada Akun Anda, maka Anda wajib segera memperbarui informasi mengenai diri Anda. Anda menjamin bahwa seluruh informasi dan data yang tercatat dalam sistem Kami, merupakan informasi dan data yang paling terkini.
3.5 Kami dapat meminta informasi data pribadi dan data perusahaan lainnya sewaktu-waktu apabila ada perubahan dan kebutuhan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Anda tidak bersedia untuk memberikan informasi tambahan yang diminta, Kami berhak untuk membatasi penggunaan Anda terhadap Platform dan Fitur di dalamnya termasuk untuk menolak pendaftaran Akun apabila Anda tidak melengkapi persyaratan data yang diwajibkan.
3.6 Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun, termasuk dalam atau melalui Platform, yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami.
3.7 Anda dilarang untuk melakukan tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu maupun merusak sistem operasi Platform.
3.8 Anda dilarang untuk melakukan pengalihan dan/atau menjual Akun Anda yang telah terdaftar ke pihak lain tanpa persetujuan dari Kami.
3.9 Anda bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan Akun termasuk di dalamnya e-mail dan password Anda serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau sistem pihak ketiga yang Kami tunjuk. Maka dari itu, Anda dengan ini menyatakan bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan Akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian atau kesalahan Anda. Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan atas Akun Anda, Kami hanya dapat membantu Anda untuk memeriksa, menangguhkan, atau menghentikan penyalahgunaan akses terhadap Akun setelah Anda memberitahukan kepada Kami mengenai hal tersebut melalui fitur kontak kami pada Platform atau sarana komunikasi lainnya yang Kami sediakan dari waktu ke waktu.
3.10 Kami akan menganggap setiap Perintah atau Transaksi yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.

4. Ketentuan Transaksi dan Pembiayaan

4.1 Kami sangat menyarankan Anda untuk selalu mengecek detail Layanan Transfer Dana dengan seksama sebelum melakukan Perintah Transfer Dana. Dengan demikian, tidak akan ada kesalahan transfer sehingga Anda tidak perlu membatalkan Perintah Transfer Dana yang telah dilakukan. Perlu dicatat bahwa transfer hanya dapat dibatalkan apabila Perintah Transfer Dana belum dijalankan.
4.2 Akses ke Layanan, atau fitur tertentu dari Layanan, mungkin mengharuskan Anda untuk membayar biaya ke Kyrim dan, yang mungkin berlaku untuk Penyedia Layanan lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah dengan pembayaran tersebut, silakan kontak Kyrim atau Penyedia Layanan terkait, sebagaimana yang relevan.
4.3 Dana milik Anda yang telah diterima oleh Kyrim hanya akan Kami gunakan untuk melaksanakan transfer berdasarkan Perintah Transfer Dana dari Anda, dimana Dana tersebut tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban Kami terhadap Anda dan Penerima.
4.4 Anda memahami bahwa pelaksanaan transfer berdasarkan Perintah Transfer Dana akan dibantu oleh pihak ketiga antara lain mitra bank atau lembaga jasa keuangan lainnya. Oleh karenanya, Anda dengan ini melepaskan Kami dari tanggung jawab atas setiap kesalahan atau keterlambatan pemrosesan transaksi pemindahan Dana kepada rekening bank Penerima yang dituju apabila kesalahan tersebut bukan disebabkan oleh sistem yang Kami kelola.
4.5 Kami berhak untuk tidak melaksanakan transfer berdasarkan Perintah Transfer Dana apabila:
4.5.1 Anda tidak mengirimkan Dana kepada Kami dalam waktu yang ditentukan;
4.5.2 Jumlah Dana yang Anda kirimkan tidak mencukupi atau tidak sesuai nominal yang transfer;
4.5.3 Berdasarkan hasil pemeriksaan Kami, terdapat dugaan bahwa transfer mengandung unsur penipuan atau tindakan pidana lainnya; dan/atau
4.5.4 Transfer tersebut merupakan suatu perbuatan yang melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku.
4.6 Anda memahami bahwa sesuai ketentuan Hukum Yang Berlaku terdapat transaksi-transaksi tertentu yang wajib Kami laporkan kepada lembaga pemerintah terkait.

4.7 Setelah transfer berhasil terlaksana, Kami akan menerbitkan bukti transfer yang telah berhasil dilaksanakan dan mengirimkannya kepada Anda.
4.8 Apabila terdapat kesalahan nominal Dana yang Anda transfer ke pihak Kyrim, maka Anda dapat mengajukan pengembalian Dana sesuai nominal Dana yang telah Anda transfer ke pihak Kyrim. Pengembalian Dana akan kami proses dalam waktu 1×24 jam hari kerja sejak pengajuan telah disetujui oleh Checker di perusahaan Anda. Kami berhak untuk memotong dan mengambil biaya layanan sesuai yang telah ditentukan di platform dari nominal Dana yang telah ditransfer sebagai biaya penanganan. 
4.9 Batas waktu Pengajuan Pengembalian Dana oleh Anda adalah 60 hari sejak Anda melakukan kesalahan transfer ke pihak Kyrim.

5. Pernyataan dan Jaminan

Anda dengan tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali menyatakan dan menjamin bahwa:

5.1 Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Platform atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini. Anda juga menjamin bahwa Layanan Kyrim, Platform maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili.
5.2 Anda merupakan pihak yang cakap secara hukum (tidak cacat hukum), tidak dalam kondisi dipaksa atau diancam (tidak cacat kehendak), mempunyai kuasa dan kewenangan untuk sepakat, tunduk pada, mengikatkan diri serta melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawabnya yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
5.3 Dana yang digunakan tidak diperoleh secara melawan hukum atau berhubungan dengan tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencucian uang, korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku, serta Anda memiliki hak atau kewenangan untuk memberikan Perintah Transfer Dana. Anda dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran atas setiap informasi yang Anda berikan kepada Kami, serta wajib bertanggung jawab secara perdata maupun pidana, apabila terdapat pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
5.4 Anda dengan ini melepaskan Kami dari segala bentuk tanggung jawab dan wajib mengganti seluruh kerugian yang Kami alami atas penggunaan Platform untuk tindakan melanggar hukum, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencucian uang, pendanaan terorisme, korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau melalui Platform tidak bertentangan dengan Hukum Yang Berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat.
5.5 Dengan menggunakan Layanan Kyrim melalui Platform, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai suatu pembuktian yang valid, dan dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat timbul sehubungan dengan pelaksanaan instruksi Anda.

6. Data Pribadi dan Data Perusahaan Anda

Kami akan selalu menjaga data pribadi dan data perusahaan Anda dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan ini dan Hukum Yang Berlaku. Ketentuan lebih lanjut mengenai keamanan data pribadi dan data perusahaan Anda dapat diakses melalui Kebijakan Privasi Kami yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

7. Kegiatan Tidak Sah

Layanan Kami hanya dapat digunakan dan diakses untuk tujuan yang sah secara hukum. Anda setuju bahwa Anda tidak akan melakukan salah satu dari berikut saat menggunakan atau mengakses Layanan: (i) berupaya mengakses atau mencari layanan atau mengunduh konten dari Layanan melalui penggunaan mesin, perangkat lunak, alat, agen, perangkat atau mekanisme (termasuk tanpa dibatasi oleh, robot, crawler, alat data mining atau sejenisnya) selain perangkat lunak dan / atau agen yang disediakan oleh kami atau umumnya tersedia browser web pihak ketiga lainnya mencari; (ii) akses, mengutak-atik, mengganggu atau menggunakan area non-publik dari Layanan, sistem komputer kami, atau sistem pengiriman teknis dari penyedia kami, termasuk tanpa batasan dengan mengunggah atau menyebarkan virus, adware, spyware, worm, atau kode berbahaya lainnya; (iii) mengumpulkan dan menggunakan informasi, seperti nama-nama pengguna lain, nama asli, alamat email yang ada pada Layanan dan digunakan untuk mengirimkan iklan yang tidak sah, junk mail, spam atau bentuk lainnya yang tidak diinginkan; (iv) menggunakan Layanan untuk tujuan komersial atau untuk kepentingan pihak ketiga atau dengan cara tidak diizinkan oleh Syarat; (v) melanggar hukum atau peraturan yang berlaku; atau (vi) mendorong atau memungkinkan individu lain untuk melakukan hal di atas; atau (vii) mengganggu kenyamanan pengguna lain dalam menggunakan Layanan, termasuk tanpa batasan oleh (a) membuat penawaran yang tidak diminta atau iklan kepada pengguna lain dari Layanan atau (b) mencoba untuk mengumpulkan informasi pribadi tentang pengguna lain atau pihak ketiga tanpa persetujuan mereka. Kami berhak untuk menyelidiki dan mengajukan ke pengadilan pelanggaran-pelanggaran dari salah satu hal di atas dan / atau melibatkan dan bekerja sama dengan pihak penegak hukum dalam menuntut pengguna yang melanggar Syarat.

8. Pembatasan Hak Akses, Penangguhan Akun, dan Penutupan Akun

8.1 Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk waktu tidak tertentu sampai berakhir karena alasan-alasan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan.
8.2 Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat melakukan pembatasan hak akses dan penangguhan Akun untuk sementara waktu yang akan mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses Akun Anda untuk sementara waktu atau secara permanen tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penangguhan”):
8.2.1 Pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan yang dilakukan dari Akun Anda;
8.2.2 Pelanggaran terhadap Hukum Yang Berlaku yang dilakukan dari Akun Anda;
8.2.3 Adanya dugaan Transaksi Transfer Dana yang mengandung unsur penipuan atau tindak pidana lainnya;
8.2.4 Alasan lain yang berpotensi merugikan Kami baik secara langsung maupun tidak langsung; atau
8.2.5 Tidak adanya aktivitas di akun lebih dari 9 bulan.
8.3 Berdasarkan perintah dari otoritas yang berwenang dan/atau sesuai dengan ketentuan Hukum yang Berlaku, Kami dapat sewaktu-waktu melakukan pembatasan hak akses dan/atau penangguhan terhadap Akun Anda.
8.4 Setelah Kami melakukan pembatasan hak akses dan/atau penangguhan Akun, Kami akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda sesegera mungkin melalui e-mail beserta sebab pembatasan hak akses dan/atau penangguhan Akun. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang Kami lakukan, Kami akan memutuskan untuk mengembalikan Akun Anda ke keadaan semula setelah penyelesaian Sebab Penangguhan, atau menghentikan akses Anda secara permanen dan Anda memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Anda selama penangguhan Akun merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.
8.5 Kami juga berhak untuk melakukan penutupan atas Akun Anda untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan yang Kami anggap tepat, oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penutupan”):
8.5.1 Permintaan resmi dari Anda melalui jalur pengaduan resmi pada aplikasi dan/atau website Kyrim, dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Kami;
8.5.2 Dalam hal Pengguna meninggal dunia, atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Pengguna wakilkan dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
8.5.3 Terdapat indikasi transaksi fraud/indikasi pencucian uang/ pendanaan kegiatan terorisme yang Anda lakukan (baik berdasarkan hasil investigasi Kami dan/atau berdasarkan penyelidikan dari pihak kepolisian dan/atau pihak ketiga)
8.5.4 Kebijakan Kami sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku; atau
8.5.5 Penghentian kegiatan operasional Kyrim karena alasan apapun.
8.6 Dalam hal:
8.6.1 Pengguna meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib melampirkan dokumen kelengkapan sebagai berikut melalui jalur Bantuan:
8.6.1.1 Fotokopi Akta Kematian Pengguna
8.6.1.2 Fotokopi KTP Pengguna
8.6.1.3 Fotokopi Kartu Keluarga Pengguna
8.6.1.4 Fotokopi KTP keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan
8.6.1.5 Fotokopi Kartu Keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan; dan
8.6.1.6 Fotokopi surat keterangan ahli waris yang diketahui oleh Kelurahan/ Kecamatan
8.6.2 Perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Pengguna wakilkan dinyatakan pailit, maka Kami berhak bertindak sesuai dengan permintaan atau perintah yang diajukan oleh badan berwenang sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta berhak untuk mengajukan permintaan dokumen sehubungan dengan status Pengguna dan hal-hal terkait lainnya yang Kami anggap perlu.
8.6.3 Sehubungan dengan kondisi sebagaimana diatur pada Pasal 8.6.1 dan 8.6.2 di atas, Kami hanya akan melakukan penutupan Akun Anda setelah seluruh dokumen persyaratan di atas Kami nyatakan lengkap dan memadai.
8.6.4 Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Kami akan dibebaskan dari seluruh tagihan, tuntutan, gugatan, perkara dan tindakan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga apapun.
8.7 Dalam hal terjadi pembatasan hak akses, penangguhan dan/atau penutupan Akun sebagaimana dimaksud pada Pasal 8.2 – 8.5 Syarat dan Ketentuan ini, Anda tidak dapat menggunakan Layanan Kyrim dan Perintah Transfer Dana yang telah diberikan kepada Kami sebelumnya tidak akan dijalankan selama Akun Anda masih dalam masa pembatasan hak akses dan/atau penangguhan.
8.8 Penangguhan dan/atau penutupan Akun Anda untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi Kami untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu untuk melindungi kepentingan Kyrim.
8.9 Sehubungan dengan penutupan Akun Anda, Anda dan Kami setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

9. Ganti Rugi

Anda setuju untuk mengganti kerugian dan memastikan Kyrim serta petugas, direktur, karyawan, konsultan, penasihat, afiliasi, anak perusahaan dan agen bebas dari segala jenis dan semua klaim, biaya, kerusakan, kewajiban, dan pengeluaran (termasuk tanpa batasan biaya pengacara) yang dibebankan kepada kami sehubungan dengan atau yang timbul dari (i) akses Anda ke atau penggunaan Layanan, (ii) pelanggaran Anda terhadap Syarat atau hukum atau peraturan yang berlaku, (iii) pelanggaran Anda terhadap hak-hak pihak ketiga, termasuk tanpa batasan hak kekayaan intelektual atau hak publisitas, kerahasiaan, properti atau privasi; atau (iv) setiap sengketa atau masalah antara Anda dan pihak ketiga. Kami berhak, dengan menggunakan biaya kami sendiri, untuk menggunakan pembelaan secara eksklusif serta kontrol dari setiap materi yang berhubungan dengan penggantian kerugian oleh Anda (dan tanpa membatasi kewajiban ganti rugi Anda sehubungan dengan hal tersebut), dan dalam hal ini, Anda bersedia untuk bekerja sama dengan pembelaan kami atas klaim tersebut.

10. Pembatasan Tanggung Jawab

10.1 Kami selalu berupaya untuk menjaga Platform Kami aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, Kami tidak dapat memungkiri kemungkinan Platform Kami sewaktu-waktu tidak dapat diakses, dalam perbaikan, atau mengalami kendala yang akan Kami perbaiki secepatnya. Penggunaan Anda terhadap Platform, Fitur, Layanan Kyrim, dan konten di dalamnya merupakan risiko Anda sendiri. Platform ini Kami sediakan bagi Anda dalam keadaan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”.
10.2 Kami menolak untuk menjamin bahwa aplikasi beserta fitur akan beroperasi tanpa terganggu atau bahwa aplikasi dan fitur tersebut akan bebas dari cacat ringan atau kesalahan yang tidak mempengaruhi kinerja tersebut secara materiil, atau bahwa segala fitur yang terdapat pada aplikasi dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.
10.3 Segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Anda akibat penggunaan Platform merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya, sepanjang diizinkan oleh Hukum Yang Berlaku.
10.4 Sepanjang diizinkan Hukum Yang Berlaku, Kami dengan ini tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami atas segala akibat, kerugian, dan/atau kerusakan yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:
10.4.1 (i) Hilangnya penggunaan; (ii) hilangnya keuntungan; (iii) hilangnya pendapatan; (iv) hilangnya data; (iv) hilangnya keuntungan yang diperkirakan, untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung;
10.4.2 Kerugian tidak langsung, kerugian immateriil, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Platform, Fitur, Layanan Kyrim, termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, baik jika Kyrim telah diberitahu atau tidak tentang kemungkinan kerugian tersebut;
10.4.3 Kesalahan Anda dalam memberikan Perintah Transfer Dana, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan data Penerima, kesalahan jumlah dana, dan Perintah Transfer Dana ganda karena kesalahan Anda yang masuk ke sistem Kami sehingga menyebabkan Transaksi Transfer Dana ganda;
10.4.4 Kelalaian Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan password Akun, password Transaksi, OTP dan/atau kode sistem keamanan lainnya yang berfungsi untuk mengautentifikasi suatu tindakan yang dilakukan oleh Anda;
10.4.5 Transaksi yang mendasari dilakukannya transfer Dana antara Pengguna dengan Penerima;
10.4.6 Tidak terlaksananya Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana karena tidak samanya nominal yang ditransfer ke pihak Kyrim untuk dilanjutkan ke pihak Penerima atau kelalaian Pengguna dalam membayar total Dana dan Biaya Platform Kyrim ke rekening yang Kami tentukan;
10.4.7 Tidak terlaksananya Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana karena jika dilaksanakan akan melanggar suatu Ketentuan Hukum Yang Berlaku;
10.4.8 Adanya perintah dari lembaga pemerintah yang berwenang atau berdasarkan suatu ketentuan Hukum Yang Berlaku, mewajibkan Kyrim untuk menghentikan pemrosesan Transaksi Transfer Dana terkait;
10.4.9 Pemblokiran Rekening berdasarkan perintah dari lembaga pemerintah yang berwenang atau diwajibkan untuk dilakukan oleh Kyrim berdasarkan suatu ketentuan Hukum Yang Berlaku;
10.4.10 Ketidakakuratan atau tidak benarnya informasi yang disampaikan oleh Pengguna;
10.4.11 Kelalaian atau kesalahan yang Anda lakukan selama mengakses dan/atau menggunakan Platform dan/atau Fitur;
10.4.12 Penggunaan Platform dan/atau Fitur yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini maupun ketentuan turunan lainnya;
10.4.13 Gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Platform sepanjang Kami telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Platform;
10.4.14 Kerusakan jaringan komputer, telepon seluler, atau perangkat elektronik Anda akibat penggunaan Platform dan/atau Fitur;
10.4.15 Kelalaian Anda dalam menjaga keamanan Akun termasuk apabila terjadi penyalahgunaan Akun Anda yang dilakukan oleh pihak lain yang memiliki akses terhadap Akun Anda;
10.4.16 Virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Kyrim; dan
10.4.17 Peretasan yang dilakukan pihak ketiga kepada Akun Anda;
10.4.18 Kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
10.5 Kami akan melakukan tindakan-tindakan dalam batas yang wajar untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi dalam hal terdapat kesalahan transaksi melalui Platform yang timbul akibat kelalaian Anda.
10.6 Dalam hal terdapat kerugian langsung yang Anda derita ketika menggunakan Platform Kami yang dapat dan telah dibuktikan baik oleh Anda atau Kami bahwa kerugian tersebut disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Kami, maka kewajiban Kami kepada Anda adalah terbatas pada jumlah transaksi yang telah dibayarkan. Adapun jumlah yang akan Kami tanggung atas kerugian nyata (materiil) tersebut hanya terbatas pada jumlah biaya transaksi yang telah dibayarkan tersebut (yang tercatat sesuai di sistem Kami) atau maksimum senilai Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).
10.7 Anda dengan ini setuju bahwa akan melepaskan Kami dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Kami (termasuk afiliasi, direktur, komisaris, pemegang saham, karyawan, dan/atau wakil sah Kami) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda, termasuk penggunaan, pemanfaatan dan pemakaian Data, Akun, Layanan dan/atau Platform Kami yang tidak semestinya dan/atau karena pelanggaran yang Anda lakukan terhadap Hukum Yang Berlaku atau hak-hak pihak ketiga.

11. Penyelesaian Perselisihan

11.1 Seluruh perselisihan yang muncul antara Anda dan Kami sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dengan jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak perselisihan tersebut diinformasikan kepada Kami.
11.2 Sebelum menghubungi Kami secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, Anda wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menyebarkan, mengumumkan, memberitahukan, membuat tulisan-tulisan kepada pihak manapun terkait adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya, termasuk tetapi tidak terbatas, melalui media massa (online, cetak, televisi atau media lainnya) yang dapat menyudutkan Kyrim. Jika Anda melanggar ketentuan ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan Kyrim, Platform, dan/atau Akun dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinonaktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
11.3 Apabila tidak tercapai kesepakatan dari musyawarah dan mufakat, maka gugatan secara perdata hanya dapat diajukan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), yang beralamat di Wahana Graha Lt. 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2, Jakarta 12760 atau sebagaimana diubah dari waktu ke waktu. Proses akan dilaksanakan di Jakarta dan diselenggarakan menggunakan Bahasa Indonesia dengan majelis arbitrase yang terdiri dari 3 (tiga) arbiter yang ditunjuk berdasarkan prosedur BANI dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat.
11.4 Selama perselisihan dalam proses penyelesaian, Anda wajib untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Anda harus penuhi menurut Syarat dan Ketentuan ini.

12. Risiko Penggunaan

12.1 Dalam menggunakan Platform, Anda memahami bahwa terdapat kemungkinan dan risiko penipuan yang mengatasnamakan Kyrim. Oleh karena itu, Kami mengingatkan Anda untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi dan menjaga keamanan akun Anda dari segala tindak kejahatan dengan:
12.1.1 Tidak melakukan transfer ke rekening yang mengatasnamakan Kyrim, berdasarkan Perintah Transfer Dana yang tidak anda perintahkan sebelumnya melalui Platform.
12.1.2 Mengetahui bahwa Kami tidak pernah meminta kode rahasia, password, maupun kode OTP kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak menanggapi segala bentuk perintah maupun permintaan yang dikirim melalui e-mail ataupun website atau situs palsu selain daripada Platform, yang menduplikasi dan/atau mengatasnamakan Kyrim yang ditujukan untuk percobaan penipuan dengan cara permintaan kode rahasia, password, maupun kode OTP.
12.1.3 Hanya menghubungi Kontak Kami sebagaimana tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menyampaikan pesan Anda, dan tidak menanggapi setiap orang yang mengatasnamakan Kyrim kecuali sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
12.1.4 Langsung menghubungi dan melaporkan kejadian kepada Kontak Kami, dalam hal terjadi kehilangan akses terhadap Akun dan perangkat yang Anda gunakan.

13. Hak Kekayaan Intelektual

13.1 Platform, Fitur, nama, nama dagang, logo, nuansa, tampilan, tulisan, gambar, video, konten, kode pemrograman, layanan dan materi lainnya yang disediakan oleh Kami (“Materi”) dilindungi oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh hak, kepemilikan dan kepentingan dalam Materi adalah milik Kami seluruhnya dan Kami memberikan Anda lisensi non-eksklusif yang terbatas, tidak dapat dijual dan tidak dapat dialihkan yang mana dapat dicabut atau ditarik kembali atas kewenangan Kami sendiri. Anda dengan ini memahami bahwa Anda tidak akan memiliki hak, kepemilikan atau kepentingan terhadap Materi kecuali ditentukan lain oleh Syarat dan Ketentuan ini.
13.2 Anda dilarang untuk menyalin, mengubah, mencetak, mengadaptasi, menerjemahkan, menciptakan karya tiruan dari, mendistribusikan, memberi lisensi, menjual, memindahkan, menggandakan, membuat karya turunan dari Materi, menyiarkan lewat media online maupun offline, membongkar, atau mengeksploitasi bagian mana pun dari Platform Kami.
13.3 Jika Kami menemukan adanya indikasi/ dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini khususnya perihal hak kekayaan intelektual, Kami berhak untuk melakukan investigasi lebih lanjut, mengakhiri akses Anda terhadap Platform beserta Fitur di dalamnya, serta melakukan upaya hukum lainnya untuk menindaklanjuti indikasi/ dugaan pelanggaran tersebut.

14. Larangan

14.1 Anda hanya dapat mengakses Platform dan menggunakan Fitur kepentingan pribadi dan usaha Anda tanpa melanggar hukum atau hak siapa pun. Pada saat mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur, Anda dilarang untuk:
14.1.1 Dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Pengguna lainnya, Penerima, atau Kami;
14.1.2 Dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Platform baik yang bersifat pribadi atau publik;
14.1.3 Dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan yang berakibat terganggunya akses ke Platform;
14.1.4 Dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Platform, Fitur, Materi, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik Kami;
14.1.5 Dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Platform;
14.1.6 Memanfaatkan Platform dan/atau Fitur untuk melakukan transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku;
14.1.7 Menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Anda dari Platform;
14.1.8 Mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Platform atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Hukum Yang Berlaku terhadap koneksi Internet;
14.1.9 Mencoba mengakses bagian dari Platform yang mana Anda tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;
14.1.10 Melakukan tindakan plagiarisme atas Materi yang terdapat pada Platform;
14.1.11 Melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Platform; atau
14.1.12 Melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Platform.
14.2 Kami memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan.

15. Umum

15.1 Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia, tanpa mempertimbangkan konflik hukum aturan atau prinsip-prinsip. Kami mengoperasikan Layanan dari kantor kami di Indonesia dan, sebagaimana berlaku, negara lain, dan kami tidak membuat pernyataan bahwa Layanan tersebut sesuai atau tersedia untuk digunakan di lokasi lain. Anda tidak boleh menetapkan atau mengalihkan kewajiban atau hak-hak Anda berdasarkan Syarat ini, secara keseluruhan atau sebagian, dengan hukum atau sebaliknya, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami. Kegagalan kami untuk menegakkan hak atau ketentuan dari Syarat tidak akan dianggap sebagai pengabaian hak-hak tersebut. Jika ada ketentuan dalam Syarat yang dianggap tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan oleh hukum, ketentuan lainnya dalam Syarat ini akan tetap berlaku. Syarat ini merupakan dasar dari keseluruhan perjanjian antara Anda dan Kami terkait dengan Layanan dan membatalkan serta menggantikan perjanjian-perjanjian sebelumnya antara Anda dan Kami yang berhubungan dengan Layanan. Pengaduan dan/atau klaim atas transaksi Anda dapat diajukan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal Anda melakukan transaksi.
15.2 Kami selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Pengguna dalam mengakses  Platform Kyrim sehingga Kami berhak untuk melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini guna menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan Hukum Yang Berlaku. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu akan diunggah ke Platform Kyrim tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya, oleh karenanya Kami menghimbau agar Pengguna membaca perubahan dari Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama dan memeriksa laman ini dari waktu ke waktu agar mengetahui perubahan apapun yang dibuat oleh Kami. Untuk menghindari keragu-raguan maka dalam kondisi apapun Pengguna memahami dan setuju bahwa versi Syarat dan Ketentuan yang paling terkini akan Kyrim unduh pada Platform Kyrim dan versi terakhir tersebut yang akan berlaku. Oleh karenanya Pengguna setuju untuk tidak akan mengajukan klaim dalam bentuk apapun sehubungan dengan perbedaan yang ada dengan versi lainnya. Dengan tetap mengakses dan/atau menggunakan Layanan  Platform Kyrim, Pengguna menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Syarat dan Ketentuan ini.
15.3 Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi tidak sah, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka ketentuan atau bagian tersebut akan dianggap dihapus dari Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.
15.4 Syarat dan Ketentuan ini dapat diterjemahkan ke bahasa asing selain Bahasa Indonesia. Dalam hal, terdapat perbedaan penafsiran antara versi Bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan Pengguna dianjurkan untuk merujuk kepada versi Bahasa Indonesia.

16. Kontak Kami

16.1 Dalam hal Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, permintaan, atau keluhan terkait Akun dan/atau Layanan Kyrim selama Anda menggunakan Platform, Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail support@kyrim.co.id.
16.2 Untuk merespon pertanyaan atau pengaduan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau pengaduan Anda jika data yang Anda berikan tidak sesuai dengan data yang tertera pada sistem Kami.
16.3 Kami akan memberikan upaya terbaik Kami untuk membantu Anda menyelesaikan setiap kendala yang Anda alami. Agar Kami dapat meningkatkan layanan Kami, setiap korespondensi antara Anda dengan Kami dapat kami catat atau kami rekam.

Sahid Sudirman Center Level 23
Jl. Jend. Sudirman Kav 86 Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat
DKI Jakarta

License

Certification

Register

Association

PT Kiriman Dana Pandai 2024. All rights reserved